Rabu, April 18, 2012

APA ITU SUKSES????


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sukses memiliki arti sederhana tapi mendalam. Kata “sukses” didefinisikan “berhasil, beruntung”. Kesuksesan berarti keberhasilan atau keberuntungan. Ya diatas kesuksesan dapat diartikan sebagi keberhasilan yang disertai keberuntungan. Gimana orang mo berhasil kl tidak beruntung, iya g??? Yang akan jadi masalah itu ukuran sukses seseorang itu seperti apa???? Ada g sih standarnya???
Apa dengan punya harta melimpah, bisa beli mobil sendiri, atau jadi PNS sudah bisa di bilang sukses???? Ah kalo hanya seperti itu mudahnya jadi orang sukses. Apa memang semudah itu menjadi orang sukses???? Ah begitu banyaknya orang sukses di negriku ini kalo begitu, silahkan hitung berapa orang yang punya mobil, berapa orang yang harta melimpah dan berapa orang yang jadi PNS. Berapa jumlahnya???dan berapa persennya dari jumlahnya????
Aih kok malah mbeber ke negara segala, ok back to topic.  What is succes??? (Ais,.,., pake inggris2an segala).
Bawel ah, q kan juga pengin bisa bahasa inggris juga. Sekali2 boleh kali. Lagian ini kan tulisanq, jadi suka aku dong. :-p
Woi lanjutin malah curhat dia.
 Ok,.,.ok,.,., kita focus sekarang, kaya microsof yang memfokuskan cahaya ke satu titik. Kembali ke bahasan, apa itu sukses. Lebih enak kalo kita pake analogi : seorang pemulung yang kerjanya mungutin sampah plastik, kaya gelas air mineral, botol2 plastik, kaleng2 soft drink sebenernya dia orang sukses lho,.., nah lho,.,. kok bisa???
Gambarannya gini, apa yang dia ambil tu sampah2 anorganik, yang g bisa diurai ma makhluk organisme yang ada di tanah. Nah dengan profesi mereka ini, ternyata mereka berhasil mencegah peng-gersang-an masal tanah di bumi. Coba bayangkan kalo g da mereka, mungkin beberapa tahun ke depan tanah akan berubah jadi sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Dengan begitu, bukankah mereka sudah sukses menghindarkan paling tidak mengulur waktu peng-gersang-an tanah????
Nah dari analogi diatas, sebenernya sukses tu g punya dasar yang jelas, alias abstrak kl minjem istilah salah satu dari acara tv, standar sukses itu astral. Kita hanya bisa bilang seseorang sukses atau tidak dari sudut pandang mana. Atau sukses itu tergantung kita mengasumsikan sukses itu sendiri.
Nah kalo secara bahasa, seseorang bisa dibilang sukses kalo dia berhasil mencapai/melakukan/menghasilkan sesuatu yang disertai keberuntungan. Nah darimana kita tahu kita beruntung, semuanya kembali ke perasaan kita sendiri, apakah kita merasa beruntung saat kita berhasil mencapai/melakukan/menghasilkan sesuatu????
 Dalam pandanganku seseorang sukses atau tidak itu yang mampu menilainya dirinya sendiri, makanya aku jarang memberikan titel sukses ke seseorang. Karna sampai detik ini aku masih belum mampu mencerna standar sukses seperti apa.

Tidak ada komentar: